Selamat datang di portal resmi Program Studi Sarjana Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura Ambon. Di situs ini, kami menyediakan berbagai informasi penting bagi mereka yang memiliki minat dan ketertarikan di dunia pendidikan, khususnya dalam bidang Pendidikan Geografi. Situs ini dirancang sebagai pusat informasi utama, menyediakan detail tentang kurikulum, sumber daya, dan fasilitas yang tersedia untuk mendukung proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Geografi. Kami juga menyajikan pembaruan mengenai kegiatan pengajaran, penelitian, serta penyelenggaraan acara dengan menghadirkan pembicara tamu yang inspiratif. Tak hanya itu, kami juga mempublikasikan berbagai pencapaian dan aktivitas mahasiswa dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Sebagai program studi yang berfokus pada pengembangan potensi manusia, kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang mendalam di bidang Geografi dan Pendidikan. Upaya ini diwujudkan melalui penerapan metode dan strategi pengajaran yang efektif, yang didukung oleh tenaga pengajar berpengalaman, kurikulum yang relevan dan mengikuti perkembangan terkini, serta infrastruktur dan fasilitas administratif yang memadai.
Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda ke situs kami. Kami berharap situs ini menjadi sumber informasi yang bermanfaat dan dapat menjadi rujukan utama bagi masyarakat luas yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Program Studi Sarjana Pendidikan Geografi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon. Semoga informasi yang kami sediakan dapat mendukung kebutuhan Anda dan memperkuat keterhubungan antara kami dengan komunitas akademik serta masyarakat umum.
Salam,
Dr. Mohammad Amin Lasaiba, M.Sc
Koordinator Program Studi Pendidikan Geografi
Profil Program Studi
Program Studi Pendidikan Geografi berkomitmen untuk menghasilkan tenaga pendidik geografi yang kompeten sekaligus menjadi pusat unggulan dalam pengembangan dan pelayanan data spasial serta media pembelajaran. Fokus utama program ini adalah untuk menyediakan kurikulum yang relevan dengan perkembangan teknologi dan isu-isu kontemporer, serta membekali mahasiswa dengan keterampilan kritis yang dibutuhkan di era digital saat ini.
Keterampilan Kartografi dan Integrasi GIS
Dalam konteks pendidikan geografi, keterampilan kartografi memiliki peran fundamental sebagai pusat dari evolusi ilmu geografi itu sendiri. Pengembangan keterampilan ini tidak hanya terbatas pada kemampuan teknis dalam pembuatan peta, tetapi juga melibatkan interpretasi dan analisis data spasial, baik di dalam maupun di luar Sistem Informasi Geografis (GIS). Integrasi GIS dalam keterampilan kartografi mengharuskan mahasiswa untuk memahami aspek teknis dan analitis dalam pemanfaatan data spasial. Kemampuan ini menjadi krusial, mengingat ahli geografi harus mampu mengevaluasi keandalan dan validitas data spasial, serta bernegosiasi dengan berbagai jenis data yang kompleks dan beragam.
Temuan ini menjadi dasar dalam pengembangan profil lulusan sebagai Analis Informasi Geospasial. Lulusan diharapkan tidak hanya menguasai penggunaan perangkat teknologi, tetapi juga mampu memahami, menginterpretasikan, dan mengkritisi data spasial dengan standar akademik yang tinggi. Ini menciptakan lulusan yang bukan hanya terampil dalam operasional teknis GIS, tetapi juga memiliki kapasitas intelektual yang unggul dalam memahami dinamika spasial dan menerapkan solusi berbasis data.
Pemikiran Keruangan dan Perspektif Global
Selain penguasaan keterampilan teknis, Program Studi Pendidikan Geografi juga menekankan pentingnya pemikiran keruangan dan perspektif global sebagai inti dari pendekatan ilmiah dalam disiplin ini. Pemikiran keruangan melibatkan kemampuan untuk menganalisis hubungan antara fenomena geografis dengan menggunakan kerangka kerja keruangan yang sistematis. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mengeksplorasi dinamika spasial dari berbagai fenomena, baik fisik maupun sosial.
Keunikan geografi terletak pada apa yang disebut sebagai “imajinasi geografis”—kemampuan untuk memahami dan menggambarkan dunia melalui perspektif keruangan yang inheren. Imajinasi geografis tidak hanya mencakup keterampilan visualisasi data spasial, tetapi juga mencerminkan kapasitas intelektual untuk menghubungkan pengalaman keruangan dan menggunakannya untuk memahami pola dan interaksi yang kompleks. Ini melibatkan pendekatan yang multidimensi, di mana para ahli geografi berperan dalam menyusun dan memaknai informasi geospasial yang berkaitan dengan isu-isu global, regional, dan lokal.
Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Sebagai pusat pengembangan dan pelayanan data spasial, Program Studi Pendidikan Geografi terus berupaya untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan teknologi terkini. Dalam hal ini, GIS menjadi alat utama yang digunakan untuk mengelola dan menganalisis data spasial. Program studi ini juga mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dalam menggunakan perangkat lunak dan alat-alat geospasial modern, sehingga mereka dapat bersaing secara profesional di pasar kerja global.
Integrasi ilmu dan teknologi ini juga diselaraskan dengan pengembangan media pembelajaran yang inovatif. Media pembelajaran tidak hanya menjadi alat bantu pengajaran, tetapi juga berfungsi sebagai sarana untuk membangun pemahaman spasial yang lebih mendalam di kalangan mahasiswa. Dengan demikian, lulusan diharapkan mampu mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis geospasial secara efektif dalam berbagai konteks pendidikan.
Komitmen pada Pendidikan Geografi yang Holistik
Secara keseluruhan, Program Studi Pendidikan Geografi mengedepankan pendekatan yang holistik dalam pembelajaran, yang mencakup penguasaan keterampilan teknis, pemikiran kritis, dan wawasan global. Melalui pendidikan yang berorientasi pada pemecahan masalah dan pemahaman spasial, program ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki kemampuan intelektual yang luas dalam menganalisis isu-isu keruangan.
Program ini juga berkomitmen untuk berperan aktif dalam pengembangan komunitas akademik dan profesional geospasial di tingkat nasional dan internasional. Dengan fokus pada pengembangan kompetensi yang komprehensif, Program Studi Pendidikan Geografi terus berinovasi dalam memperkaya kurikulum dan memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri.
Dengan pendekatan yang komprehensif ini, Program Studi Pendidikan Geografi diharapkan mampu mencetak lulusan yang tidak hanya menjadi pendidik yang profesional, tetapi juga analis informasi geospasial yang unggul, yang memiliki pemahaman mendalam tentang dinamika keruangan dan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam mengatasi permasalahan geospasial di era digital ini.
STATUS AKREDITASI
Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 0285/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017, menyatakan bahwa Program Studi Pendidikan Geografi, pada Program Sarjana Universitas Pattimura, Ambon Terakreditasi dengan peringkat “B”.
Sertifikat Akreditasi ini berlaku selama lima tahun, sejak tanggal 10 Januari 2017 sampai dengan 10 Januari 2022.