PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI

Visi, Misi dan Tujuan

Visi:

“Terwujudnya layanan prima untuk menghasilkan calon guru yang professional, edupreneur  dan berkarakter laut pulau”

Makna dari setiap kata kunci yang terkandung pada rumusan visi di atas, dijabarkan sebagai berikut:

  1. Layanan prima adalah layanan yang efiesien, efektif, adil, responsif, berdaya tanggap tinggi, transparan dan akuntabel sehingga memberi kepuasan kepada pelanggan. Layanan prima merupakan bagian dari budaya Maluku yang menganggap tamu sebagai raja, tamu adalah orang yang harus dihormati, dihargai, dan diberikan layanan secara optimal. Layanan prima dalam visi program studi Pendidikan menempatkan program studi pada sebuah budaya menempatkan mahasiswa dan mitra kerja dalam posisi yang perlu dihargai, diberikan apresiasi, dan diberikan pelayanan akademik secara optimal. Layanan prima kepada mahasiswa, diharapkan kemudian dapat menjadi budaya di kalangan mahasiswa sehingga nantinya akan menjadi guru yang melayani.
  2. Profesional melekat pada orang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau terlibat dalam kegiatan yang menuntut suatu keahlian. Guru professional adalah guru yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam melaksanakan tugas profesi mendidik, mengajar, dan melatih. Guru professional harus memenuhi empat kompetensi guru sebagaimana ditetapkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yakni kompetensi pedagogic, kompetensi professional, kompetensi social, dan kompetensi kepribadian.
  3. Edupeneur melekat pada orang atau kelompok dengan berusaha mempraktekkan keahlian tertentu untuk menghasilkan sesuatu baik berupa produk, jasa, dan teknologi untuk memaksimalkan pembelajaran yang konsisten di kelas (formal) ataupun di luar kelas (Informal dan Nonformal). Seorang Edupreneur Geografi dapat berupa; konsultan sains geografi dan pembelajarannya, pendamping, Analis, modeling dll.
  4. Laut pulau adalah sebuah konsepsi yang mengintegrasikan laut dan seluruh gugusan pulau-pulau yang ada di sekitarnya sebagai sebuah kesatuan yang utuh dan terintegrasi. Maka, konsep laut pulau adalah suatu kesatuan antara laut dan seluruh potensi baharinya, dalam kesatuan yang padu dengan seluruh potensi SDA, SDM, potensi ekonomi, sosial budaya, dan modal sosial lainnya yang ada dalam seluruh gugusan pulau-pulau di Maluku.
  5. Berkarakter laut pulau adalah individu yang memiliki kepribadian yang tangguh dicirikan oleh keteladanan dalam bertindak dan berkarya, mentransformasi budaya laut pulau dalam sikap: memuliakan laut, menjunjung tinggi identitas keMalukuan dalam penghargaan, revitalisasi nilai seni dan budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Misi:

Mengacu pada misi FKIP Universitas Pattimura dan visi di atas, maka misi program studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura adalah sebagai berikut:

  1. Mewujudkan pendidikan dan pembelajaran untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang profesional, edupreneur, dan memiliki karakter laut pulau
  2. Mewujudkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan aksentuasi pada pengembangan karakter laut pulau;
  3. Mewujudkan layanan prima dan tata kelola yang baik sehingga memberi kepuasan kepada pelangan dan memberi pencitraan yang baik kepada publik.

Tujuan:

Searah dengan misi Pendidikan  Geografi FKIP Unpatti sebagai berikut:

  1. Melaksanaan pendidikan dan pembelajaran untuk mempersiapkan pendidik yang profesional, edupreneur, dan memiliki karakter laut pulau
  2. Melaksanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan aksentuasi pada pengembangan karakter laut pulau;
  3. Melaksanakan layanan prima dan tata kelola yang baik sehingga memberi kepuasan kepada pelanggan dan memberi pencitraan yang baik kepada publik